Monday, March 25, 2013

Kutu Dinasor Di Temui. Jom Tengok Besar Mana Kutu Tersebut


Kutu Dinasor Di Temui. Jom Tengok Besar Mana Kutu Tersebut | Dinasor pada masa hayat hidupnya tidak terlepas dari gangguan kutu. Diangarkan kutu dinasor 10 kali lebih besar dari kutu anjing

Haiwan yang menyerupai kutu tetapi tidak sama dengan kutu zaman sekarang itu fosilnya ditemukan oleh sejumlah ilmuwan di China. Temuan fosil makhluk yang dinamai Pseudopulex jurassicus dan Pseudopulex magnus itu dipublikasikan oleh jurnal Current Biology baru-baru ini. Fosil itu terawetkan dengan baik, sehingga banyak teori dapat terungkap tentang kehidupannya di masa Jurassic dan Cretaceous.

“Serangga-serangga itu jauh lebih besar dari kutu moden dan dilihat dari belalai penghisapnya, kutu masa lampau itu kemungkinan ganas,” tutur George Poinar, profesor emeritus bidang zoologi di Oregon State University, Amerika Serikat, seperti dikutip ScienceDaily, edisi 3 Mei 2012. Poinar juga menulis artikel penemuan fosil itu dalam jurnal Current Biology.

Pseudopulex jurassicus dan Pseudopulex magnus hidup pada 165 juta tahun yang lalu. Dengan antena panjang, haiwan itu menghisap darah dinosaurus.

Poinar mengatakan, badan serangga purba itu datar dengan cakar panjang yang memungkinkannya mencengkeram erat tubuh dinosaurus selama mereka menghisap darah hewan itu. Serangga moden mempunyai antena yang lebih pendek dan mampu bergerak cepat di antara bulu mangsanya

Terbuka kemungkinan kutu yang menjadi fosil itu merupakan nenek moyang dari kutu moden, tetapi dugaan lain yang lebih kuat ialah kutu purba itu berbeda garis keturunan dengan kutu moden. Bahkan, kemungkinan nenek moyang dari keturunan jenis kutu yang sudah punah.


Kutu moden sendiri terkenal membawa banyak masalah. Selain menyiksa anjing dan kucing, kutu membawa penyakit seperti bubonic plague yang membunuh 75 juta orang di dunia.

No comments:

Post a Comment